BAZNAS Tanggap Bencana DIY Adakan Evaluasi Program 2020

  • Tanggal : 06/09/2020
  • Diposting oleh : Admin

BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) DIY melaksanakan evaluasi program 2020 yang bertempat di Valley Pakem, Sabtu (5/9/2020).

Rapat evaluasi ini dihadiri oleh komandan BAZNAS Tanggap Bencana, wakil komandan serta pengurus BAZNAS Tanggap Bencana DIY periode 2019-2021. Digelar selama dua hari, acara dimulai dengan pembukaan serta tilawah Al-Qur'an.

Sambutan disampaikan oleh komandan BAZNAS Tanggap Bencana DIY Drs. Agus Sunarto, MBA. Dalam sambutannya Agus menyampaikan agar kegiatan ini dapat dijadikan bahan evaluasi untuk cita-cita BAZNAS Tanggap Bencana agar semakin berkembang. "Kedepannya perlu dibuat database atau album identitas semua anggota BAZNAS Tanggap Bencana serta dokumentasi untuk dibuat sebuah buku.

Semoga BAZNAS Tanggap Bencana semakin terampil dalam merespon kebencanaan," ucapnya. Dalam rapat evaluasi ini selain mengevaluasi kegiatan serta program yang telah berjalan, juga terfokus membahas penguatan BAZNAS Tanggap Bencana di setiap kabupaten dan kota untuk lebih diaktifkan kembali dengan BAZNAS Tanggap Bencana DIY sebagai koordinator BAZNAS Tanggap Bencana di kabupaten dan kota yang ada di wilayah provinsi DIY.

Di tahun ini BAZNAS Tanggap Bencana juga akan menguatkan SDM dengan mengadakan rekruitmen anggota baru. Dalam kegiatan ini juga mengevaluasi musyawarah kerja yang telah dilakukan beberapa bulan yang lalu.

Rapat evaluasi ini juga dihadiri oleh ketua BAZNAS DIY, Dr. H. Bambang Sutiyoso, SH, M. Hum. Bambang memberikan apresiasi kepada BAZNAS Tanggap Bencana DIY atas respon serta mitigasi bencana yang telah dilakukan.

Selanjutnya Bambang menjelaskan BAZNAS Tanggap Bencana bersifat semi otonom dalam hal organisasi di bawah naungan BAZNAS, sehingga berbagai fasilitasi serta anggaran dari BAZNAS meskipun alokasinya masih terbatas. Terkait peralatan secara bertahap BAZNAS akan mengupayakan semaksimal mungkin.

"Relawan merupakan panggilan hati, maka dengan berjalannya waktu akan terjadi seleksi alam. Maka itu perlunya register ulang untuk menyeleksi komitmen relawan BAZNAS. Selain itu perlu adanya peningkatan profesionalisme serta keterampilan dalam kebencanaan. Dalam profesionalisme perlu memiliki kompetensi memiliki knowledge, skill, serta etika. Tak kalah pentingnya seorang relawan juga berjiwa humanis,"kata Bambang. Bambang juga menitipkan pesannya untuk selalu menjaga kondisi di masa pandemi dengan tetap menjaga protokol kesehatan dalam melaksanakan tugas.

BAYAR ZAKAT