CAPAIAN KINERJA BAZNAS DIY : "MEMBERDAYAKAN MUSTAHIK DI ERA NEW NORMAL"

  • Tanggal : 10/08/2020
  • Diposting oleh : Admin

Badan Amil Zakat Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta -BAZNAS DIY,  Pers Konference  Capaian Kinerja BAZNAS DIY oleh Pimpinan BAZNAS DIY  pada Senin (10/8/2020) bertempat di Den Nany Resto JL. Tamansiwa No. 150 F Yogyakarta.

di hadiri lengkap 5 Pimpinan BAZNAS DIY Periode 2015-2020 yakni, Ketua: Dr H. Bambang Sutiyoso SH MHum, Wakil Ketua 1: Dr H. Munjahid MAg (Bidang Penghimpunan), Wakil Ketua 2: Drs H. Agus Sunarto MBA (Bidang Pentasyarufan), Wakil Ketua 3: H. Nursya’bani Purnama MSi (Bidang Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan) serta Wakil Ketua 4: H. Juni A. Dwi Utomo SPsi (Umum, SDM dan ITCM).

BAZNAS atau Badan Amil Zakat Nasional merupakan lembaga pemerintah non struktural yang berwenang sesuai regulasi dalam pengelolaan zakat, mulai dari penghimpunan, pentasyarufan, pendayagunaan dan pelaporan. Dalam menjalankan kewenangannya, BAZNAS mendasarkan pada ketentuan perundangan-undangan, diantaranya UU No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

Sebagai parameter keberhasilan sebuah lembaga, dapat dilihat dari pencapaian kinerja selama satu tahun sebelumnya dari lembaga tersebut. Begitu juga dengan BAZNAS DIY yang tidak pernah lepas dari parameter pencapaian kinerja. Sesuai kewenangan BAZNAS, pencapaian kinerja dapat dilihat berdasarkan semua aspek kegiatan dalam pengelolaan ZIS -Zakat, Infaq Sedekah, khususnya dalam kegiatan pengelolaan manajemen penghimpunan, pendistribusian, dan pendayagunaan ZIS. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya sinergi dengan program pemerintah daerah lainnya, yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan umat atau masyakarat,

sekaligus membantu menanggulangi kemiskinan khususnya di DIY. Ketua BAZNAS DIY sampaikan beberapa capaian kinerja BAZNAS DIY tahun 2020 diantaranya adalah :

1. Peran BAZNAS DIY Dalam Penanggulangan Kemiskinan Berdasarkan data Badan Pusat Statistik -BPS, per Maret 2020 setelah adanya pandemi Covid-19 angka kemiskinan di Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami kenaikan dari awalnya 11,7% pada tahun 2019 menjadi 12,28%.

Hal ini cukup mengkhawatirkan mengingat pandemi global belum berakhir dan berpotensi terus meningkat. BAZNAS DIY melalui pengelolaan dana ZIS dan DSKL-nya berperan penting dalam menanggulangi kemiskinan dengan cara memenuhi kebutuhan dasar/ pokok yang dikonsumsi sehari-hari dan juga melalui penyaluran produktif seperti pemberian fasilitas internet gratis sebagai langkah mencerdaskan sekaligus memakmurkan masjid, pemberian tanda cinta bagi pejuang/veteran dalam rangka kemerdekaan RI yang ke-75, Pembinaan Aqidah Muallaf, Pemulihan Ekonomi melalui pelaku Usaha Kecil Menengah, pemenuhan kebutuhan air bersih mengantisipasi musim kemarau, dan program strategis lainnya.

2. Pengelolaan ZIS dan DSKL BAZNAS DIY Terus Bertumbuh Berdasarkan data yang terangkum dalam laporan pengelolan zakat, infak dan sedekah semester 1 pada bulan januari–juni tahun 2020 Penghimpunan/perolehan dana ZIS dan DSKL BAZNAS DIY sebesar Rp.2.046.936.320,- Sedangkan Capaian pengumpulan ZIS dan DSKL BAZNAS Se-Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2020 semester 1 sebesar Rp.15.484.265.874,- Dana ZIS yang terkumpul tersebut berasal dari para ASN, Swasta, yang tergabung dalam Unit Pengumpul Zakat -UPZ, selain itu juga berasal dari perorangan.

Pentasharufan ZIS dan DSKL didasarkan pada tujuh Asnaf, yaitu Fakir, Miskin, Amil, Muallaf, Fisabilillah, Ibnu Sabil, serta Gharimin. Sedangkan satu Asnaf Riqab (budak/hamba sahaya) belum pernah ada. Pentasharufan ZIS dan DSKL didistribusikan selain untuk konsumtif, juga produktif yang terangkum dalam 5 program utama, mencakup program DIY CERDAS, DIY TAQWA, DIY SEJAHTERA, DIY PEDULI, serta DIY SEHAT.

3. Giat BAZNAS SE-DIY dalam aksi Covid-19 dan Kurban BAZNAS se–Daerah Istimewa Yogyakarta juga turut mendukung upaya pencegahan penularan virus dan penanganan dampak Covid-19 melalui berbagai program-program diantaranya:

Penyemprotan disinfektan, edukasi pola hidup bersih & sehat, pembagian masker, APD, handsoap, hand sanitizer, paket logistik keluarga, support RS dan tim medis, bantuan tunai, pembuatan wastafel sehat, bersih-bersih masjid, dan lain-lain.

Nilai Kurban BAZNAS se-DIY mencapai Rp. 140.250.000 (3 sapi dan 26 kambing)

4. Kinerja Kepemimpinan BAZNAS DIY Periode 2015-2020 Sesuai dengan Visinya, yakni “Terwujudnya BAZNAS yang professional, efektif dan efisien serta terpercaya di Daerah Istimewa Yogyakarta”.

BAZNAS DIY berusaha menghadirkan pelayanan yang optimal dan berupaya terus meningkatkan kualitas manajemen pengelolaan ZIS serta menjalin kerjasama dengan seluruh komponen masyarakat

selama 5 tahun periode kepengurusan pimpinan memiliki capaian yang optimal, antara lain:

Indeks Zakat Nasional BAZNAS DIY terus mengalami peningkatan lebih baik; Dalam bidang pengelolaan kelembagaan, BAZNAS DIY Mendapat penghargaan BAZNAS Award tingkat Nasional, 3 besar provinsi se-Indonesia; Kompetensi Amil yang profesional baik Pimpinan maupun Pelaksana yang dibuktikan dengan sudah mendapatkan sertifikasi kompetensi amil tingkat nasional kategori pengelolaan zakat yang dikeluarkan oleh BNSP;

Kepemimpinan BAZNAS DIY Sudah memberikan pondasi dan membangun system pengelolaan zakat yang kuat; Pelaporan Keuangan secara berturut-turut sudah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik dan mendapat predikat WTP (Wajar) selama 3 tahun terakhir; Dalam sistem administrasi, BAZNAS DIY membuat produk hukum internal berupa standar operasional prosedur (SOP) dan tata tertib yang mencakup kelembagaan, penghimpunan, pentasharufan, dan pelaporan keuangan; Kenaikan penghimpunan yang terus meningkat setiap tahunnya; Terbentuknya Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dari unsur perguruan tinggi & OPD; Akreditasi Lembaga mendapat nilai A; Audit Kepatuhan Syariah mendapat peringkat A; Penataan layanan secara digital melalui sistem informasi manajemen BAZNAS (SIMBA), sistem administrasi umum, kerjasama melalui berbagai lembaga fintech (gopay, e-banking, kanal kitabisa, linkaja, sistem barcode berupa QRIS, dan lain sebagainya), publisitas media secara offline dan online; Kerjasama advokasi bagi mustahik yang terkena kasus hukum dengan LKBH UII, kerjasama penyusunan sistem keuangan dengan FE UII, pembinaan mustahik dengan Fakultas Psikologi, kerjasama dalam mendukung tridharma perguruan tinggi, serta kerjasama-kerjasama strategis lainnya; Bertambahnya LAZ & UPZ yang resmi di Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Harapan Kepemimpinan BAZNAS DIY Kedepan Diharapkan peningkatan profesionalisme kepemimpinan periode selanjutnya dapat melanjutkan dan meningkatkan kinerjanya, baik dalam hal penghimpunan, pentasharufan yang tepat sasaran, manajemen kelembagaan, kerjasama, laporan yang lebih baik lagi, dan mempertahankan capaian terbaik yang telah dicapaipada tahun sebelumnya. Diharapkan kontribusi dan manfaat terhadap umat juga semakin dapat dirasakan oleh masyarakatluas, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sinergisitas dukungan dan Kerjasama dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta meningkat. 

🏡 ALAMAT KANTOR : Jalan Sukonandi Nomor 08, Komplek Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta

☎ CALL CENTER : WA : (0274)-587062 0852 2122 2616

📸 Instagram : @baznas_diy_official

🤝 Twitter & Facebook : @BaznasDIY

🔮 Website : www.diy.baznas.go.id

BAYAR ZAKAT