Musyawarah Koordinasi BAZNAS Se- Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Tanggal : 26/01/2021
  • Diposting oleh : Admin

Yogyakarta (BAZNAS DIY). Selasa (26/01/2021), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Daerah Istimewa Yogyakarta, adakan musyawarah koordinasi BAZNAS se Daerah Istimewa Yogyakarta bertempat di rumah makan ikan bakar lautan jl.Hos Cokroaminoto No. 152 Yogyakarta.

Musyawarah ini diselenggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, dihadiri oleh plt pimpinan BAZNAS DIY Drs.H.Mukhlas, MSI (Plt Ketua), Mamba'ul Bahri, S.Th.I (plt Wakil Ketua I), Cahyono, S.Ag (plt Wakil Ketua II) dan seluruh pimpinan BAZNAS Kabupaten/Kota Se DIY dan Kanwil Kemenag DIY yg diwakili oleh Kasie Pemberdayaan Zakat Bp.H.Misbahrudin, S.Ag., MM. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa untuk pembiayaan audit laporan keuangan tahun 2020 BAZNAS Se – DIY oleh KAP (Kantor Akuntan Publik) akan dibantu dari dana APBN,beliau juga menyampaikan bahwa audit syariah akan diberlakukan tahun 2021 ini oleh Kementerian Agama RI .

Musyawarah ini diselenggarakan dalam rangka Membangun silaturahim dan sinergi program BAZNAS se DIY dengan pemerintah daerah Dan optimalisasi penghimpunan , pertemuan ini juga dalam rangka merespon Bencana yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia ,ujar plt. Ketua BAZNAS DIY (Drs.H.Mukhlas, MSI).

Sementara itu Plt. Wakil Ketua I Mamba’ul Bahri menyampaikan bahwa BAZNAS DIY akan terus melakukan sosialisasi zakat kepada instansi yang belum menjadi UPZ guna meningkatkan pengumpulan ZIS. Terkait donasi kebencanaan beliau juga menyampaikan bahwa BAZNAS DIY sudah menerima dari BAZNAS Kota Yogyakarta sebesar Rp. 30 juta untuk 3 daerah yang terdampak bencana (jawa barat, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan) yang secara simbolis sudah diserah terimakan oleh wakil wali kota Yogyakarta ( Bp.Drs. Heroe Poerwadi. MA) kepada BAZNAS DIY pada tanggal 22 Januari 2021 .

Optimalisasi program pendayagunaan ZIS-DSKL dalam rangka membangun sinergitas antara BAZNAS DIY dengan Pemerintah penting sekali untuk dilakukan, ungkap Cahyono, S.Ag (Plt.Wakil Ketua 2 BAZNAS DIY).

Lebih lanjut beliau menyampaikan dalam rangka menyatukan visi misi dan arah Gerakan organisasi serta memaksimalkan program layanan penghimpunan dan pendayagunaan maka konsolidasi program pendayagunaan ZIS-DSKL dengan UPZ dibawah BAZNAS DIY menjadi penting untuk segera dilakukan. Hadir dalam acara tersebut pimpinan BAZNAS Kabupaten/Kota Se – DIY, dalam kesempatan tersebut juga disampaikan laporan pengumpulan dan penyaluran ZIS Tahun 2020 dari masing-masing BAZNAS Kabupaten/Kota se Daerah Istimewa Yogyakarta kepada BAZNAS DIY.Acara Musyawarah koordinasi BAZNAS Se -DIY ini selesai pada pukul 13.00 wib serta berkenan memimpin doa penutup beliau KH. Damanhuri (Ketua BAZNAS Kab. Bantul). [dh]

BAYAR ZAKAT