SOSIALISASI PEMBENTUKAN UNIT PENGUMPUL ZAKAT (UPZ) BAZNAS DIY

  • Tanggal : 18/02/2021
  • Diposting oleh : Admin

YOGYAKARTA- Rabu (17/02/2021) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Daerah Istimewa Yogyakarta, selenggarakan sosialisasi pembentukan unit pengumpul zakat (UPZ) bertempat di ruang rapat III Kanwil Kemenag DIY. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 6 instansi vertikal tingkat DIY diantaranya adalah Badan Narkotika Nasional (BNN) DIY, Badan Pusat statistik (BPS) DIY, Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY, Pengadilan Tinggi Agama DIY, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial (B2P3KS) Yogyakarta, Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Plt.Ketua BAZNAS DIY (Drs. H.Mukhlas, M.Si), Plt.Wakil Ketua I (mamba’ul Bahri, S.Th.I), Kakanwil Kemenag DIY (Drs.H.Edi Gunawan, M.Pd.I) dan dari pemda DIY hadir Djarot Mardiantoro, STP, M.Sc, mewakili Kabiro Bina Mental dan Spiritual Setda DIY. Selaku penyelenggara Plt.Ketua BAZNAS DIY mengucapkan terima kasih atas kehadiran dari Biro Bina Mental dan Spiritual Setda DIY, Kakanwil Kemenag DIY serta para tamu undangan dari instansi vertikal. Tugas menjadi Plt.Pimpinan BAZNAS DIY merupakan amanah dari pemda DIY dalam rangka mengisi kekosongan pimpinan BAZNAS DIY, karena pimpinan yang sebelumnya telah selesai masa tugasnya, ujar mukhlas.

Tujuan diselenggarakan sosialisasi ini adalah untuk membangun komunikasi, koordinasi serta bertukar gagasan strategis terkait unit pengumpul zakat (UPZ) serta tentu saja dalam rangka melaksanakan undang - undang No. 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat, tandas plt.Ketua BAZNAS DIY .

Lebih lanjut beliau juga menyampaikan bahwa kunci membangun BAZNAS DIY adalah dengan kolaborasi dengan UPZ baik dalam pengumpulan maupun penyaluran serta tentu saja bersama pemerintah untuk bersama-sama mengurangi angka kemiskinan. Dana umat kembali kepada umat melalui sinergi program bersama , terang Mukhlas yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Penais Zawa Kanwil Kemenag DIY.

Pada kesempatan tersebut Djarot Margiantoro, STP., Msc. Dalam sambutannya mewakili Kepala Biro Mental dan Spiritual Setda DIY mengapresiasi terhadap kinerja baznas diy selama ini. Pemda diy sangat berterima kasih dan berharap banyak baznas diy untuk terus berperan secara sinergis ikut mengatasi persolan sosial, ekonomi, mental maupun spiritual. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Plt.Ketua BAZNAS DIY yang sudah mendoakan para muzaki melalui forum pengajian rutin pemda DIY pada awal februari lalu, semoga para muzaki semakin sejahtera serta terbentengi dari kesedihan dan nestapa serta para penerima manfaat atau mustahik semakin berdaya , lebih lanjut beliau juga menyampaikan pada hari yang sama dan waktu yang sama ini BAZNAS DIY dan Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY sama - sama saling mengundang di acaranya masing – masing, sangat luar biasa semoga komunikasi yang sudah baik ini terus terjaga, ucapnya.

Melalui unit pengumpul zakat (UPZ) memberikan wadah bagi rekan-rekan sejawat untuk menunaikan zakatnya, dan dalam menjalankan tugas dan fungsinya tidak semua disetorkan ke baznas DIY tetapi 70% dikelola oleh UPZ jika UPZ tersebut melakukan tugas perbantuan penyaluran, ujar Kakanwil Kemenag DIY Edi Gunawan yang juga berkenan membuka secara resmi acara tersebut.

BAZNAS DIY dalam melaksanakan tugas maupun program tidak bekerja sendirian tetapi bekerjasama dengan pihak-pihak terkait, Kanwil Kemenag DIY dan Pemda DIY melalui APBN dan APBD juga memberikan support guna menunjang kinerja BAZNAS DIY, beliau juga berharap kepada instansi yang hadir untuk bisa segera membentuk UPZ selain mempermudah untuk menunaikan zakat di instansi masing masing juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program – program yang ada.

Pada sesi terakhir acara tersebut disampaikan terkait teknis pembentukan UPZ, struktur pengurus UPZ maupun mekanisme pembayarannya yang dipandu langsung oleh Plt.Wakil Ketua I Mamba’ul Bahri. [dh]

BAYAR ZAKAT