OPTIMALKAN PENGELOLAAN ZIS DI LINGKUNGAN SEKOLAH, BAZNAS DIY LAKUKAN EDUKASI DAN SOSIALISASI KEPADA KEPALA SEKOLAH MENENGAH ATAS SEDERAJAT SE-DIY

  • Tanggal : 19/11/2019
  • Diposting oleh : Admin

Bertempat di Ruang Aula Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, BAZNAS DIY menyelenggarakan edukasi dan sosialisasi pengelolaan zakat, infak, sedekah (ZIS) bagi kepala sekolah menengah atas sederajat se-DIY dalam rangka mengoptimalkan pengumpulan dan pemberdayaan ZIS di lingkungan sekolah masing-masing baik pegawai ataupun infak para siswa dikelolah.

Ibu Agustin perwakilan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga menyampaikan bahwa DIKPORA DIY secara rutin telah melakukan pengelolaan ZIS melalui berbagai program sesuai dengan arahan dari BAZNAS DIY, jadi ketika kita membuat rencana kerja itu sesuai dengan aturan hukum yang berlaku dan syariat agama islam. Perlu kita junjung nilai-nilai dalam diri kita sendiri bahwa saudara-saudara kita diluar sana masih banyak yang membutuhkan, seperti contohnya pemberian bantuan ekonomi dan penguatan agama bagi muallaf.

Kemudian dilanjutkan oleh Dr. Munjahid wakil ketua bidang pengumpulan ZIS yang menyampaikan bahwa keberadaan BAZNAS DIY hadir untuk berbagi manfaat dan pengelolaan ZIS yang lebih profesional sesuai dengan hukum Undang-Undang yang berlaku dan syariat agama islam. Kriteria kita dalam menyalurkan bantuan tentu harus mengacu pada 8 asnaf yang berhak. Harta yang kita keluarkan itu harus kita yakini akan tumbuh subur dan berkembang dengan niat semata-mata beribadah kepada Allah SWT. Secara undang-undang hanya ada 3 lembaga yang resmi dalam pengelolaan zakat, yaitu : BAZNAS, LAZ yang berizin dan UPZ sehingga dengan adanya aturan yang berlaku diharapkan dapat memberikan pelayanan kepada muzaki dan mustahik secara profesional, akuntabel dan transparan.

BAYAR ZAKAT