PENGUATAN UKHUWAH UMAT ISLAM DALAM BINGKAI KEBHINEKAAN

  • Tanggal : 28/11/2019
  • Diposting oleh : Admin

Kamis, 28 November 2019 bertempat di ruang serbaguna gedung DPD RI DIY, diselenggarakan forum ukhuwah organisasi kemasyarakatan (ormas) islam atas inisiasi dari BAZNAS DIY. Ormas Islam di Indonesia, termasuk di DIY jumlahnya cukup banyak lebih dari 38 ormas. Keberadaan ormas Islam sangat penting dan bisa dioptimalkan perannya, memberikan kontribusi besar terhadap bangsa & negara, terutama sebagai perekat dalam mempersatukan ummat serta memajukan ummat ditengah kebhinekaan. Fastabiqul khoir, berlomba-lomba dalam kebajikan.

Disampaikan oleh Ketua BAZNAS DIY bahwa dilatarbelakangi ummat Islam yang mayoritas mudah terjadi gesekan-gesekan karena masalah politik. Sehingga diharapkan tidak terjadi politisasi Ormas Islam yang bermuars ke ummat. Dengan adanya forum ini bisa mempererat silaturahim & komunikasi antara Umaro, Ulama dan Ummat, sehingga dengan bersatunya tiga pilar itu akan memberikan sumbangsih yang besar untuk bangsa dan negara, khususnya di DIY. Disamping itu peran ormas Islam juga bisa memberikan support ditegakkannya rukun Islam yg ketiga, yaitu zakat terutama bagi orang-orang kaya (aghniya), karena potensi zakat yg besar di Indonesia (252 T, baru terkumpul 8,1 T), atau di DIY (1,2 T, baru terkumpul 83 M). Dengan terhimpunnya zakat, akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan.kesejateraan ummat, sekaligus mengurangi kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan ummat. Dengan demikian akan terwujud ummat yang berdaya, ummat yang maju, dan ummat yang sejahtera serta ummat yg bermartabat.

Secara formal, keberadaan ormas sudah diatur dalam Undang-Undang NO. 16 Tahun 2017, yang berisi tentang aturan main bagi ormas yang harus diberlakukan dengan bijak. Kebebasan berserikat  berkumpul  dan menyampaikan aspirasi dijamin konstitusi, tetapi tetap dalam koridor hukum dan cara yang maruf, bukan dengan hate speech (ujaran kebencian). Semoga kedepan kehidupan ummat dan ormas Islam lebih baik dan dapat memberikan kontribusi positif untuk negara dan bangsa tercinta.

Hadir juga dalam forum ini sebagai pemandu dialog adalah perwakilan dari Biro Bina Mental Spiritual, MUI DIY, Kementerian Agama DIY dan Polda DIY yang sepakat bahwa ukhuwah ummat islam harus terus dibangun dengan bingkai kebhinekaan. Sehingga kita tidak lagi berbicara tentang satu golongan tertentu saja dan mengerti betul tentang peran masing-masing dari organisasi kemasyarakatan islam se-Daerah Istimewa Yogyakarta. 

BAYAR ZAKAT