Breaking News

Keteladanan Para Pejabat Pemda DIY dalam Berzakat, melalui acara Pentasharufan 1000 Mustahik

YOGYAKARTA (05/06/2018) diy.baznas.go.id – Mewakili Gubernur DIY, hari Selasa (05/6) pagi bertempat di Bangsal Kepatihan, Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X menghadiri acara Pembinaan dan Pentasharufan 1000 Mustahik BAZNAS dan LAS se-DIY. Pada acara tersebut, Wakil Gubernur menyampaikan bahwa kemiskinan merupakan pekerjaan kita bersama untuk dapat dientaskan melalui SOP yang telah tersusun. Dalam acara ini wakil gubernur memberikan distribusi zakat secara simbolis kepada 5 lembaga yang berasal dari perwakilan BAZNAS dan organisasi pengelola zakat. Di antaranya adalah Bidang Dakwah Keagamaan, Sosial Kemanusiaan, Pendidikan, Kesehatan, dan Ekonomi Produktif.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wagub, Gubernur DIY menegaskan bahwa kekuatan dan ruh lembaga pengelola zakat terletak pada kesungguhan dalam melayani, melindungi, serta menyelamatkan kaum fakir dan miskin. Untuk itu, lensa pandang organisasi pengelola zakat hendaknya selalu memperhatikan kebutuhan hidup para mustahik secara objektif. Dalam kaitan ini, BAZNAS sebagai salah satu lembaga pengelola zakat, perlu secara rutin dan transparan menginformasikan kepada masyarakat mengenai penerimaan zakat berikut pendistribusiannya. Dana zakat tersebut harus didistribusikan sebagai sumber jaminan kehidupan yang layak, khususnya bagi kaum fakir miskin dan yang membutuhkan.

Lebih lanjut, Sultan juga menyampaikan bahwa dalam risalah Islam, setiap individu harus terlindungi dari bahaya kemiskinan, kelaparan, ketidakmampuan membiayai pendidikan, pengobatan, tempat tinggal yang layak, serta kecemasan menghadapi hari tua. Pendanaan yang berasal dari zakat, disebutnya sebagai salah satu instrumen untuk mewujudkan keamanan insani (human security) tersebut.

Kegiatan tasharuf zakat ini diakhiri dengan pembayaran zakat fitrah oleh Wakil Gubernur DIY melalui konter Layanan BAZNAS DIY, setelah sebelumnya para Pejabat Pemerintah DIY juga melakukan hal yang serupa di 10 meja konter layanan yang telah disediakan secara bergantian untuk menunaikan Zakat, Infaq atau Sedekahnya. Melalui acara ini masyarakat DIY, khususnya diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran untuk saling berbagi dalam meningkatkan kepedulian kepada sesama. Cari tahu tentang BAZNAS DIY kunjungi : diy.baznas.go.id dan Instagramnya : baznas_diy_official

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*