7377dccf-21ce-4590-a6ed-b1b64acbf6db

Mari Menunaikan Zakat, Infaq dan Shadaqah di Baznas DIY

Pengelolaan dana zakat di Indonesia dirasa masih perlu penanganan secara optimal, ekonomi berbasis islami dan keuangan syariah dengan konsep yang khas telah berkontribusi dan akan terus mendukung tercapainya tujuan pembangunan. Apalagi, ekonomi berbasis islam berdiri di atas seperangkat tujuan komprehensif yang telah dirumuskan oleh para ulama islam sebagai tujuan syariah, yaitu perlindungan agama, perlindungan hidup, perlindungan intelek, perlindungan keturunan, dan perlindungan kekayaan atau harta benda.

“Ekonomi berbasis islam, dalam banyak hal telah selaras dengan tujuan pembangunan PBB. Zakat dan wakaf, misalnya juga telah banyak digunakan sebagai instrumen untuk mengangkat kualitas hidup dan sekaligus meningkatkan status ekonomi masyarakat miskin”. Saat ini masih ada sekelompok orang yang memahami zakat hanya sebagai kewajiban tahunan yang dibayar pada akhir Ramadan, yakni zakat fitrah. Padahal, ada jenis zakat yang jarang dipenuhi atau dibayar seperti zakat maal atau zakat profesi.

Belum taatnya pembayaran zakat dimungkinkan karena pemahaman tradisional bahwa objek zakat maal hanya emas, perak, pertanian, peternakan, dan pertambangan. Oleh karena itulah berdiri lembaga yang secara fokus menangani perihal zakat seperti BAZNAS, LAZNAS dan juga UPZ sehingga masyarakat dapat memilih dan mempercayakan hartanya melalui lembaga resmi terpercaya. Layanan dan Kosultasi BAZNAS DIY bisa melalui nomor Telepon 0274-587062 atau langsung datang ke kantor BAZNAS DIY di komplek kantor wilayah kementerian Agama DIY.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>