Breaking News

Memuliakan Anak Yatim Dhuafa

Merawat anak yatim dhuafa bukan hanya menyantuni dengan cara memberi uang secara terus menerus, tetapi memuliakan dengan cara memberikan pendidikan yang layak sehingga dapat mengangkat taraf hidup mereka, sebagai contohnya memberikan bantuan beasiswa pendidikan kepada anak yatim dhuafa tersebut. Berdasarkan dalil dalam Al-Qur’an, yaitu “Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah, “Mengurusi urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu menggauli mereka, maka mereka adalah saudaramu”.(Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 220)

Keterbatasan biaya yang dialami anak yatim dhuafa menjadikan mereka tidak mendapatkan pendidikan yang layak maupun melanjutkan pendidikan sekolah. BAZNAS DIY dengan nama program DIY CERDAS yang berupa pendanaan dan bimbingan bagi pelajar dan mahasiswa di bidang pendidikan bertujuan untuk membentuk individu yang mandiri di masa yang akan datang serta berguna bagi nusa dan bangsa. Program DIY CERDAS sangat bermanfaat untuk keberlanjutan masa studi di perguruan tinggi dan membantu perlengkapan sekolah di awal tahun ajaran baru. Program DIY CERDAS meliputi santuanan dana pendidikan calon Sarjana dan bantuan alat sekolah berupa tas, alat tulis, dan uang saku.
Maka diperlukan dukungan dari pihak pemerintah, lembaga sosial dan masyarakat agar program DIY CERDAS bagi pelajar dan mahasiswa yatim dapat terlaksana dengan baik dan berkelanjutan. Sehingga diharapkan pula program ini dapat mencetak generasi emas yang cerdas.

Written by Nurochmah Fitriatna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>