BAZNAS BANTU 13.000 UMKM TERDAMPAK PANDEMI

  • Tanggal : 28/08/2021
  • Diposting oleh : Admin

YOGYAKARTA (BAZNAS DIY) - Ketua BAZNAS RI, Noor Achmad mengatakan, total bantuan yang dikucurkan oleh BAZNAS untuk penanganan dampak CoViD-19 ini sebesar Rp13miliar kepada 13.000 penerima. BAZNAS saat ini tengah menjalankan tiga program utama, yakni bantuan langsung modal melalui program Kita Jaga Usaha, bantuan recovery pengusaha warung melalui program Dapur Nusantara, dan bantuan bagi masyarakat yang kehilangan pekerjaan.

“Untuk penerimanya, diseleksi oleh BAZNAS masing-masing provinsi. Kita usahakan yang saat ini menerima yang betul-betul membutuhkan. Harapan kita, program ini tidak hanya untuk 13.000 penerima saja, tapi akan berkali-kali lipat dari yang kita harapkan. Karena tidak hanya BAZNAS pusat, tapi juga akan ada tambahan dari BAZNAS provinsi dan kabupaten/kota akan melakukan gerakan yang sama,” jelasnya.

Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Jumat (27/08) di Bangsal Kepatihan Yogyakarta. Dalam sambutannya pada launching Program Kita Jaga Usaha, Sri Sultan mengatakan, CoViD-19 telah menimbulkan setidaknya tiga dampak terhadap perekonomian, baik secara internasional, nasional, maupun daerah. Pertama, menyangkut masalah penurunan pertumbuhan ekonomi. Kedua, peningkatan angka pengangguran, dan ketiga peningkatan angka kemiskinan.

“Program ini akan memberikan bantuan dan kemajuan bagi UMKM yang ada di DIY yang potensinya demikian besar. Tentunya akan menjadikan stimulus dalam perekonomian dengan tujuan utama melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi bagi para usahawan UMKM kami,” ungkap Sri Sultan.

Sri Sultan mengungkapkan harapannya agar program yang dilaksanakan Satgasnas CoViD-19 BAZNAS RI ini memberi kemudahan dalam proses dan persyaratannya. “Serta diharapkan tepat sasaran agar benar-benar menjadi stimulus untuk pemulihan ekonomi,” imbuh Sri Sultan.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Teten Masduki mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi inisiasi program BAZNAS Kita Jaga Usaha. Menurutnya, program ini sangat responsif terhadap kondisi ekonomi pelaku UMKM saat ini. peluncuran program bantuan tunai untuk usaha mikro di wilayah PPKM Jawa dan Bali yang dikemas dengan program Kita Jaga Usaha yang dipusatkan di Yogyakarta. Kita pilih Yogyakarta karena selama ini sudah banyak inisiatif dari DIY untuk memperkuat UMKM agar bisa bertahan di tengah pandemi,” imbuhnya.[dh].

BAYAR ZAKAT