BAZNAS DIY BANTU 23 BILIK PENGUNGSIAN MERAPI

  • Tanggal : 13/03/2021
  • Diposting oleh : Admin

Sabtu (13/03/2021), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Daerah Istimewa Yogyakarta, menyalurkan bantuan berupa bilik untuk pengungsi Merapi. Secara simbolis bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Drs. R.Kadarmanta Baskara Aji kepada Sekda Kabupaten Sleman Harda Kiswaya di Barak Pengungsian Purwobinangun Pakem Sleman.

Bantuan 23 Bilik ini merupakan upaya pemerintah melalui BAZNAS DIY dan BAZNAS Kabupaten Sleman dalam menyiapkan Langkah-langkah preventif dalam menghadapi bencana erupsi Merapi, Jelas Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji.

Sementara itu Sekda Kabupaten Sleman Harda Kiswaya mengungkapkan bahwa penyediaan bilik dipengungsian sangat penting di masa pandemi Covid-19 ini.

Pelaksana Tugas Ketua BAZNAS DIY mengatakan melalui relawan kebencanaan BAZNAS Tanggap Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta, turut berkontribusi aktif dalam melakukan aksi sosial kemanusiaan. Salah satu bentuknya adalah melalui giat aksi respon bencana merapi; Kegiatan ini adalah upaya tindak lanjut setelah sebelumnya Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan bantuan bencana nasional yang terhimpun dari BAZNAS se-DIY dan Kementerian Agama DIY kepada 3 provinsi yang terdampak bencana banjir, longsor dan gempa, ujarnya.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta juga memiliki gunung merapi aktif yang beberapa kali telah terjadi erupsi, oleh karena itu dalam rangka memberikan support bantuan, BAZNAS DIY ikut serta dalam proses evakuasi dan penyediaan logistik sesuai kebutuhan para pengungsi di dua lokasi pengungsian, gayam glagaharjo dan purwobinangun.

Selain itu juga melakukan jadwal piket pos memantau kondisi perkembangan merapi bersama relawan lainnya, membuka layanan dapur air, membantu menyalurkan donasi berupa makanan dan alat ibadah pengungsian, penyediaan wastafel dan lain sebagainya dalam giat antisipasi bencana merapi sejak november tahun 2020 lalu hingga saat ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut Biro Mental dan Spiritual Setda DIY, Kantor Wilayah Kemenag DIY, BPBD Sleman,Pimpinan BAZNAS DIY,Pelaksana BAZNAS DIY, Relawan BAZNAS Tanggap Bencana DIY, Pimpinan BAZNAS Kabupaten Sleman, Kesra Kabupaten Sleman, Gugus Tugas Covid-19 Sleman, Kemenag Kabupaten Sleman, KUA Kapanewon Pakem, Polsek Sleman, Koramil Sleman, lurah Purwobinangun, Camat Kapanewon Pakem. [dh].

BAYAR ZAKAT