BAZNAS DIY REKRUT RELAWAN HADAPI BENCANA

  • Tanggal : 04/04/2021
  • Diposting oleh : Admin

YOGYAKARTA – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) DIY melakukan rekruitmen relawan untuk hadapi bencana melalui salah satu lembaga programnya BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Acara rekruitmen anggota ini dibarengi dengan pelatihan Manajemen Bencana tingkat dasar bagi anggota baru. Rekruitmen ini adalah rekruitmen angkatan yang ketiga. Jumlah peserta Pelatihan Manajemen Bencana tingkat dasar dibatasi hanya 30 orang saja karena masih di masa pandemi. Acara ini berlangsung di Villa Kampung Ayem, 3-4 April 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Acara rekruitmen ini dibuka oleh Enaryaka, S.Kep., Ns., MM, selaku Kasubbid Peralatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY dan Drs. H. Mukhlas M.Si selaku Plt. Ketua BAZNAS DIY. Dalam sambutannya, Enaryaka menyampaikan menyambut dengan gembira acara rekruitmen ini. Karena relawan BAZNAS Tanggap Bencana DIY sebagai potensi BPBD tentu akan banyak membantu tugas-tugas BPBD DIY dalam menghadapi bencana.

Sedangkan Mukhlas menyampaikan jika BTB adalah bagian dari BAZNAS DIY dalam menangani kebencanaan, sehingga relawan perlu dibekali dengan pengetahuan Manajemen Bencana tingkat dasar. “Perekrutan anggota gelombang 3 ini, untuk melengkapi relawan yang sudah ada,” tambahnya.

Materi materi pelatihan Manajemen Bencana tingkat dasar ini di antaranya adalah, ZIS dan Kebencanaan, Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Masyarakat, Manajemen Logistik, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), dan Kaji Cepat. Beberapa pemateri yang hadir di antaranya adalah dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Search and Rescue (SAR) DIY, BAZNAS Tanggap Bencana DIY, Palang Merah Indonesia Kabupaten Sleman,dan dari BAZNAS DIY sendiri.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Plt.Wakil Ketua I Mamba'ul Bahri, S.Th.I dan Cahyono, S.Ag yang juga menjadi salah satu pemateri. Dalam acara ini juga Waroeng Spesial Sambal (SS) memberikan bantuan berupa pakaian hazmat. Pakaian hazmat ini harapannya bisa digunakan sebaik-baiknya untuk kegiatan BTB DIY ke depan.[dh].

BAYAR ZAKAT