BAZNAS DIY Serahkan Beasiswa Pendidikan Kepada 200 Siswa SMA/SMK/MA se-DIY

  • Tanggal : 28/07/2022
  • Diposting oleh : Admin

(Yogyakarta – BAZNAS DIY) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Daerah Istimewa Yogyakarta, menyerahkan beasiswa pendidikan siswa SMA/SMK/MA yatim dan dhuafa tahun 2022.
Dalam laporan penyelenggar kegiatan ini,  H. Jazilus Sakhok, MA., Ph.D,  menyampaikan ada 200 penerima beasiswa 125 siswa dibawah Dinas Dikpora (SMA/SMK) dan 75 di bawah Kementerian Agama (siswa MA).
“Pengambilan data dari Dikpora dan Kemenag ini, agar data yang kami terima lebih valid. Adapun waktu penerimaan, kami bagi dalam dua termin penerimaan, yaitu bulan Juli dan Desember. Selain itu, penerima besiswa juga mendapatkan  pembinaan, dan pembinaan sudah dilaksanakan secara daring bekerja sama dengan jurusan Manajemen FBE UII”, ujar Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayaunaan BAZNAS DIY.
Selanjutnya,  ketua BAZNAS DIY menggambarkan tentang  adanya  siswa yg kurang mampu dan berprestasi yg wajib diberikan bantuan beasiswa.
“Harapannya, ke depan akan semakin banyak yg mendapatkan bantuan beasiswa dari BAZNAS DIY, dengan begitu anak2 tdk menjadi putus harapan dan putus sekolah, karena faktor ekonomi.Juga, semoga ke depan, BAZNAS DIY masih menunggu Dinas Dikpora DIY melakukan koordinasi bersama Kepala-Kepala  Sekolah seluruh DIY, dan BAZNAS DIY akan menjelaskan betapa pentingnya zakat utk pendidikan”, ujar Dra. Hj. Puji Astuti, M.Si.  dalam sambutannya.
Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Dikpora DIY, Didik Wardaya, SE., M.Pd.,  menyambut baik pemberian beasiswa di bulan Juli, karena masih awal proses pendidikan. Sehingga beasiswa ini bisa dimanfaatkan siswa untuk keperluan seperti membeli seragam dan perlengkapan sekolah.
“Meskipun Pemerintah sudah memberikan dana BOS, dan Kartu Cerdas, namun hal ini terkadang belum mencukupi kebutuhan siswa yang kurang mampu.  Di Sekolah-sekolah masih banyak siswa yang tidak mampu membeli seragam, sehingga dengan  bantuan dari BAZNAS DIY semoga bisa membantu siswa utk membeli perlengkapan dan kebutuhan dalam pendidikan.Ke depan, beasiswa diberikan dengan sistem ATM sehingga bisa terkontrol dalam penggunaan dananya. Sehingga penggunaan dana beasiswa bisa dimanfaatkan secara optimal”, ujar Didik pada akhir tuturnya.
Acara ditutup dengan berdoa dipimpin H. Ahmad Lutfi, SS., MA, (Wakil Ketua Bidang SDM dan IT), dan diakhiri dengan penyerahan beasiswa secara simbolis, salah satunya diterimakan kepada M. Fathurrahman, siswa SMA 5 Yogyakarta.
Mengingat masih dalam masa pandemi, penyerahan dilaksanakan secara simbolis di kantor Dikpora jalan Cendana No. 9 Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta (Mie)

 

BAYAR ZAKAT