BAZNAS DIY Terima Study Pengayaan Lapangan Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Ponorogo

  • Tanggal : 29/11/2022
  • Diposting oleh : Admin

(Yogyakarta-BAZNAS DIY)Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Daerah Istimewa Yogyakarta menerima kunjungan Study Pengayaan Lapangan, mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah Fakultan Syari’ah  Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Ponorogo.
Irham Firdaus selaku Pembimbing mahasiswa menanyakan tentang Pengelolaan ZIS dan DSKL di BAZNAS DIY. (29/11) Rombongan mahasiswa diterima di kantor BAZNAS DIY jalan Sukonandi No. 8 Yogyakarta.
“Kami ingin belajar mengenai Pengelolaan ZIS dan DSKL yang ada di BAZNAS DIY ini, terutama yang berkaitan dengan Penghimpunan, Pendistribusian, dan Amil di sini”, ungkap Irham mengawali pembicaraannya.
“Hal ini sangat sesuai dengan mata kuliah yang ada di Perguruan Tinggi kami. Dan ilmu-ilmu yang  akan kami pelajari, siapa tau akan ada mahasiswa kami yang kelak ingin berprofesi sebagai Amil”, lanjut Irham berkelakar.
Menanggapi hal ini, Edi Purnama selaku Pelaksana Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan memberikan penjelasan tentang pelaksanaan pentasarufan yang dilakukan di BAZNAS DIY.
“Secara umum, pentasarufan yang dilakukan di BAZNAS DIY berdasarkan program yang telah dicanangkan dan separo pentasarufan selalu dikoordinasikan dengan Pemerintah Daerah. Untuk  Mustahik sesuai dengan delapan (8) asnaf. Namun demikian, tidak semua Asnaf mendapatkan pemerataan sebesar 12,5% kecuali Amil yang mendapatkan bagian 12,5%. Pembagian per Asnaf disesuaikan dengan skala prioritas”, urai Edi.
“Sedangkan pentasarufan di BAZNAS DIY selama ini, untuk program ekonomi memperoleh porsi terbesar, dan kesehatan mendapatkan porsi paling kecil”, lanjut Edi.
Sedangkan untuk Penghimpunan, sebagian besar bersumber dari ASN OPD (Organisasi Pemerintah Daerah), ASN Instansi Vertikal, BUMD dan Masjid.
“Untuk Amil ada dua jenis, Pimpinan dan Pelaksana. Pimpinan diangkat oleh Gubernur DIY, dan Pelaksana yang bertugas di sekretariat diangkat berdasarkan Surat Keputusan dari Pimpinan BAZNAS DIY”, pungkas Edi.
 
BAYAR ZAKAT