DIALOG INTERAKTIF MQFM Dalam Tema PERANAN ZAKAT DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN

  • Tanggal : 05/08/2022
  • Diposting oleh : Admin

(Sleman - BAZNAS DIY) Kembali bekerjasama dengan MQFM dalam Salam Jogja, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) DIY berbicara tentang Peranan Zakat Dalam Pengentasan Kemiskinan. (05/08)
Diawali dengan lemparan pertanyaan presenter MQFM  Farah Fadilah dan Safia Putri tentang bagaimana peranan zakat di masyarakat saat ini.
Menanggapi hal tersebut, H. Jazilus Sakhok, MA., Ph.D. memaparkan bahwa zakat bukan hanya bersifat Ta’abuddiyah (yang berefek secara individual) tapi juga kewajiban secara sosial untuk memberikan efek pada orang lain atau masyarakat secara lebih luas.
“Sedekah (zakat) itu diutamakan ditasarufkan untuk masyarakat Fakir dan Miskin dan dalam pentasarufannya bukan hanya sekedar diberi ikan, tapi dikasih pancing/kailnya (pemberian modal usaha bagi Mustahik) agar para Fakir Miskin ini bisa sejahtera. Contoh program yang akan dilaksanakan BAZNAS DIY yaitu Kampung Berkah. Program ini akan disinergikan dengan Lembaga-lembaga Zakat lainnya, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) PEMDA DIY”,  ungkap  Wakil Ketua II bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS DIY
Selain itu, dampak dari Pandemi ini, tingkat kemiskinan masyarakat DIY semakin meningkat. BAZNAS DIY berupaya membantu Pemerintah dengan memberikan modal usaha bagi para UMKM yang terkena dampak pandemi, lanjut Sakhok.
Lebih terperinci lagi Sakhok memaparkan tentang Kampung Berkah.
“Ada 4 titik lokasi Kampung Berkah dan titik lokasi diambil dari data BAPPEDA DIY sehingga kami dapat menemukan titik lokasi sebagai projek Kampung Berkah di Kabupaten Sleman, Kulon Progo, Gunung Kidul, dan Bantul. Program ini menggandeng Pemerintah Daerah, dan  di setiap daerah berbeda-beda kontribusi yang dilaksanakan,  seperti di Gunung Kidul yang kekurangan air sehingga program Kampung Berkah akan membuatkan sumur. Selain itu, peranan zakat dalam pengentasan kemiskinan dapat diwujudkan dengan program pemberian beasiswa yang baru saja diluncurkan/diberikan pada 200 siswa siswi SMA/SMK/MA di wilayah Daerah Istimewa Yogyakrta.”
Mengakhiri perbincangan dialog interaktif Salam Jogja, Sakhok menyampaikan tentang zakat fitrah (beras/makanan), zakat maal, dan zakat profesi yang sangat penting untuk ditunaikan. Zakat dapat disalurkan melalui BAZNAS DIY yang beralamatkan di  jalan Sukonandi No. 8 Yogyakarta. Atau bisa juga transfer melalui rekening-rekening BAZNAS DIY. (Mie)
BAYAR ZAKAT