LAPORAN PENGELOLAAN ZIS Dan DSKL Di PENGAJIAN PEJABAT DAN APARAT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

  • Tanggal : 24/11/2022
  • Diposting oleh : Admin

(Yogyakarta – BAZNAS DIY) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Daerah Istimewa Yogyakarta menyampaikan laporan pengelolaan ZIS dan DSKL tetanggal 01 Januari s/d 31 Oktober 2022.
Diawali  dengan ucapan rasa syukur atas terselenggaranya pengajian virtual bagi pejabat dan aparat ini.
“Izinkan kami atas nama BAZNAS DIY untuk memberikan laporan pelaksanaan pengelolaan Zakat, Infak, Sedekah dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (ZIS dan DSKL), ujar Dra. Hj. Puji Astuti, M.Si.
“Selanjutnya, kami menyampaikan Total Penghimpunan ZIS-DSKL BAZNAS DIY pada bulan Januari sampai dengan Oktober 2022, Rp 13.846.403.421.,
Total Penyaluran ZIS – DSKL  berdasarkan Program Sebesar Rp. 10.444.635.193,-  , sedangkan berdasarkan Asnaf sebesar Rp. 10.919.429.421,. dengan Penerima Manfaat sejumlah 23.170 jiwa
Jumlah Unit Pengumpul Zakat BAZNAS DIY sebanyak 63 UPZ yang terdiri dari Organisasi Pemerintah Daerah, Instansi Vertikal, BUMD, dan Perguruan Tinggi, serta Perusahaan Swasta. Dan masih ada beberapa Instansi Vertikal dan OPD yang belum membentuk UPZ”, sambung Ketua BAZNAS DIY.
Melalui pertemuan pengajian, Tutik  mengajak seluruh umat Islam di DIY, pegawai ASN yang sudah mencapai nishab untuk menunaikan zakatnya 2,5%, serta salurkan juga infak dan sedekah melalui program2 strategis BAZNAS DIY. Caranya  dengan membentuk Unit pengumpul Zakat (UPZ) pada instansi masing-masing, melalui Payroll System, konsultasikan perhitungan ZIS oleh petugas kantor layanan, atau manfaatkan kemudahan pembayaran zakat secara digital, transfer, maupun layanan jemput zakat melalui nomor (0274)-587062/085-221-222-616.
Sebelum membacakan do’a, tidak lupa Tutik mengucapkan terima kasih kepada seluruh Muzaki dan Munfiq yang telah menunaikan Zakat, Infak, Sedekahnya melalui BAZNAS DIY,. Mari tingkatkan ibadah lebih baik lagi setiap harinya untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT. Melalui zakat, infak dan sedekah yang ditunaikan, insyaAllah memberikan manfaat membantu meringankan beban mereka yang membutuhkan bantuan.
Laporan diakhiri dengan do’a khusus dari Ketua BAZNAS DIY bagi para Muzaki dan Munfiq yang telah menyetorkan ZIS ke BAZNAS DIY, semoga zakat dan infaqnya sebagai penggugur dosa. Semoga Allah SWT memberikan pahala keberkahan atas harta yang disalurkan, menjadikan harta yang tersisa menjadi bersih dan suci.
BAYAR ZAKAT