LAPORAN ZIS DAN DSKL SECARA ONLINE SAAT PENGAJIAN PEJABAT DAN ASN DI LINGKUNGAN PEMDA DIY

  • Tanggal : 25/07/2022
  • Diposting oleh : Admin

(Yogyakarta – BAZNAS DIY) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan Laporan Pengelolaan ZIS dan DSKL, saat pengajian pejabat dan Aparat Sipil Negara di lingkungan Pemda DIY dan instansi vertikal. Dalam laporannya, Dr. Munjahid, M.Ag., menyampaikan total Penghimpunan ZIS-DSKL BAZNAS DIY pada bulan Juni 2022, sebesar Rp 1.074.649.068., dengan perincian Penghimpunan dalam neraca
Rp. 1.034.294.168,. yang teridiri dari zakat, infak, fidyah, dan DSKL (Dana Sosial Keagamaan Lainnya), serta Penghimpunan ZIS di luar neraca (off balance sheet) Rp.  40.354.900,.
Adapun total penyaluran ZIS – DSKL  berdasarkan Program sebesar Rp.  820.864.880,-  dan berdasarkan Asnaf sebesar Rp. 853.539.762,. dengan penerima manfaat sejumlah 15 lembaga dan 1.549 jiwa.
Selanjutnya, Wakil Ketua 1 bidang Penghimpunan BAZNAS DIY ini menyampaikan tentang kegiatan yang telah dilaksanakan di bulan Juni 2022 diantaranya kegiatan pembinaan untuk warga binaan di Lapas Wirogunan kota Yogyakarta, Sleman dan Gunung Kidul, dan akan dilanjutkan dengan Lapas2 lainnya. Selain itu, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Daerah Istimewa Yogyakarta mentasarufkan bantuan pendidikan kepada 50 (lima puluh) siswa siswi SMA-SMK, dan MA se-DIY.
Salah satu bantuan diterima secara simbolis oleh Kepala Sekolah SMA PGRI 1 Kasihan Jl. IKIP PGRI Sonosewu Baru, Sanggrahan, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta .
Melalui pertemuan pengajian ini, tidak henti2nya kami mengajak seluruh umat Islam di DIY, pegawai ASN yang sudah mencapai nishab untuk menunaikan zakatnya 2,5%, serta salurkan juga infak dan sedekah melalui program2 strategis BAZNAS DIY. Caranya  dengan membentuk Unit pengumpul Zakat (UPZ) pada instansi masing-masing, melalui Payroll System, konsultasikan perhitungan ZIS oleh petugas kantor layanan, atau manfaatkan kemudahan pembayaran zakat secara digital, transfer, maupun layanan jemput zakat melalui nomor (0274)-587062/085-221-222-616.
Terakhir, Munjahid menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Muzaki dan Munfiq yang telah menunaikan Zakat, Infak, Sedekahnya melalui BAZNAS DIY, seraya mendoakan semoga Allah SWT memberikan pahala keberkahan atas harta yang disalurkan, menjadikan harta yang tersisa bersih dan suci. Harapannya, melalui zakat, infak dan sedekah yang kita tunaikan, insyaAllah memberikan manfaat membantu meringankan beban mereka yang membutuhkan bantuan. (Mie)
 
BAYAR ZAKAT