BAZNASDIY

Pelantikan Pengurus dan Pembekalan Anggota Baru BTB DIY Periode 2024-2027

11/10/2024 | admin

Yogyakarta, 11 Oktober 2024 — Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) resmi melantik pengurus dan pembekalan relawan BAZNAS Tanggap Bencana (BTB DIY). Yang bertujuan untuk meningkatkan respons dan penanganan bencana di wilayah ini. Pelantikan pengurus dan pembekalan relawan dilaksanakan di Gedung Wisanggeni Unit 8 Komplek Kepatihan DIY dan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Deputi II BAZNAS RI Dr. H.M. Imdadun Rahmat, M.Si , Pimpinan BAZNAS Kota/Kabupaten, Kepala Biro Bina Mental, Perwakilan dari BPBD dan relawan.

Ketua BAZNAS DIY, Dra. H. Puji Astuti M.Si dalam sambutannya menyatakan bahwa pembentukan tim ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat sinergi dalam penanganan bencana. "Kami berkomitmen untuk hadir dalam setiap situasi darurat dan memberikan bantuan yang cepat dan tepat bagi masyarakat yang terkena dampak, mengingat penanganan potensi bencana di Indonesia selalu butuh respon yang cepat tanggap dan tepat. BAZNAS hadir mendukung peran pemerintah dari tingkat pusat hingga daerah dalam penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat serta kebencanaan." ujarnya.

Deputi II BAZNAS RI Dr. H.M. Imdadun Rahmat, M.Si mengatakan bahwa BTB merupakan salah satu program unggulan yang ada di BAZNAS baik pusat maupun daerah. Negara Indonesia merupakan wilayah yang rawan akan bencana alam karena berada pada ring of fire. Kita berada di Negeri yang subur namun banyak bencana alam, oleh sebab itu BAZNAS di Seluruh daerah Indonesia diharapkan dapat memaksimalkan kinerja BTB khususnya di wilayah yang rawan bencana alam.

Tim Tanggap Bencana ini terdiri dari relawan yang terlatih dan siap siaga dalam menghadapi bencana alam seperti gempa bumi, banjir, dan kebakaran. Selain itu, BAZNAS juga berencana untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat tentang mitigasi bencana dan cara berkontribusi dalam penanggulangan bencana.

Dalam acara pelantikan tersebut, juga dilakukan serah terima jabatan Pengurus periode 2024-2027 , berdasarkan Keputusan Ketua Badan Amil Zakat Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor: 014/SK/BAZNAS-DIY/X/2024 Menetapkan Komandan Besar H. Jazilus Sakhok, MA., Ph.D., Ketua Harian Fitra Nois Dwitama, Wakil Ketua Harian Raryudi Utomo, Sekretaris Fahmi Hidayati, Bendahara Muhammad Agil Rifai, Unit Respon Supriyanto, Unit Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Listiyono, dan Unit Humas & Media Muhammad Fawwaz Adiasya.

Pembekalan yang diberikan oleh Komandan Besar BTB DIY H. Jazilus Sakhok Ph.D menekankan pada pentingnya kekompakan dalam organisasi, “BTB DIY merupakan wadah bagi kita untuk berkumpul, berkolaborasi, dan mencapai tujuan bersama. Namun, semua itu tidak akan terwujud tanpa adanya kekompakan di antara relawan. Kekompakan adalah pondasi yang membuat BTB DIY menjadi kuat dan efektif. Dalam BTB DIY, kita terdiri dari berbagai latar belakang, pengalaman, dan pandangan. Perbedaan ini seharusnya menjadi kekuatan, bukan pemecah belah. Kekompakan yang kita jalin adalah kunci untuk menyatukan perbedaan tersebut, sehingga kita dapat bekerja sama mencapai visi dan misi BTB DIY.

Diharapkan dengan adanya tim Tanggap Bencana BAZNAS DIY, respons terhadap bencana dapat lebih efektif dan dapat meminimalisir dampak yang ditimbulkan. Pelantikan dan pembekalan ini menjadi awal dari upaya bersama untuk membangun ketahanan masyarakat dalam menghadapi bencana.

 Mari sucikan harta kita bersama BAZNAS DIY melalui rekening


*ZAKAT*
BSI : 309 12 2015 5
BRI : 1531 01000022 30 9
BPD DIY : 801 111 000107

*INFAQ/SEDEKAH*
BSI : 309 12 2019 8
BRI : 1531 01 00002930 1
BPD DIY : 006 111 000800

*DONASI*
CIMB Syari'ah: 8600 0462 3500

Atau kunjungi kantor digital kami https://diy.baznas.go.id/bayarzakat

*Konfirmasi/pengajuan proposal*
Layanan Mustahik: 0895-2802-3377

 

PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Copyright © 2022 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ